Awal tahun 2015, aku mulai dengan postingan throwback pengalaman menakjubkan yang aku rasakan di tahun sebelumnya, 2014 !

Pengalaman itu adalah kegiatan students exchange yang diikuti oleh beberapa kampus ternama di Indonesia, salah satunya Politeknik Caltex Riau. Tahun 2014 tersebut Politeknik Caltex Riau (PCR) Go Internasional !

Kegiatan students exchange tersebut diadakan di Singapore dan digagas oleh Perusahaan Temasek Foundation. Acara ini diberi nama Temasek Foundation Specialist Community Action and Leadership Exchange Programme (TF SCALE) di Republic Polytechnic. Alhamdulillah, untuk Indonesia diwakili oleh Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Politeknik Negeri Malang (Polinema).

26 hari yang tak tergantikan!

Acara TF SCALE ini berlangsung dari 17 Maret 2014 s.d 11 April 2014, dan selama 26 hari itu rasanya seperti mimpi ! Banyak pengalaman yang kami dapatkan, mulai dari  kebiasaan, budaya, aksen, cara berfikir, cara menyelesaikan masalah, cara memimpin orang yang berbeda-beda fikiran, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah penampakan dari mahasiswa PCR yang beruntung tersebut :

Mahasiswa Politeknik Caltex Riau
Kenapa bisa terpilih? Ya kami pribadi tidak mengetahui pasti proses detil seleksi dari PCR, namun kami diberitau bahwa salah satu kriteria pemilihannya adalah IPK dan capaian non-akademik selama menjadi mahasiswa PCR.
Biar lebih jelas ini datanya dari kiri ke kanan :

  1. Wahyudi Munthe, program studi Sistem Informasi, IPK 3.8+ , penerima beasiswa Dharmasiswa Chevron Riau (DCR)
  2. Agystdita Christie, program studi Teknik Informatika, IPK 3.7+ , pengurus inti Paduan Suara Mahasiswa (PSM) PCR
  3. Jefry, program studi Teknik Informatika, IPK 3.9+ , Ketua Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), penerima beasiswa PPA PCR
  4. Ichwannul Suenta (it's me), program studi Teknik Informatika, IPK 3.8+ , Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), penerima beasiswa YPCR
  5. Ratih Widyastuti, program studi Sistem Informasi, IPK 3.8+ , Pemenang MTQ tingkat Nasional, penerima beasiswa Dharmasiswa Chevron Riau (DCR)
Aku gak bermaksud buat sombong atau sejenisnya, tidak sama sekali. PCR banyak memiliki mahasiswa berprestasi akademik maupun non-akademik. Buka aja website PCR dan bisa dilihat sendiri banyak sekali mahasiswa lain yang mengharumkan nama PCR dengan prestasinya.

Kali aja ada adik-adik yang ingin melanjutkan kuliah namun masih bingung ingin kemana, ini bisa memotivasi kalian bahwa PCR adalah salah satu pilihan terbaik. Kenapa? Karena akreditasi PCR adalah B, memiliki kesan bagus pada perusahaan besar, siap kerja karena praktek di lab /workshop hampir tiap hari, dan sebagainya. 

Ada yang bilang kuliah di PCR under pressure? Baca ini nih Politeknik Caltex Riau ; Surga atau Neraka?

Merasa bahwa PCR adalah tempat anak orang kaya? Minder karena kurang finansial? Jangan salah ! PCR itu banyak menyediakan beasiswa kok, ada YPCR, PPA, BBM, Bidik Misi, dan sebagainya. Klik aja disini.

Untuk mahasiswa PCR yang baca ini, mungkin bisa dijadikan motivasi untuk kita semua. Dalam perkuliahan, jangan hanya terpaku pada IPK saja, atau pada organisasi saja. Sebenarnya bisa diseimbangkan, asalkan ada kemauan, fokus, dan berusaha mengatur waktu dengan baik. Aku juga masih memperbaiki diri dan terus berusaha mengatur waktu walaupun susah. 

Kembali ke lap.... top !

Gak ingin banyak kata, biarlah gambar yang berbicara. 

sudut kampus Republic Polytechnic Singapore


Mahasiswa Indonesia, Singapura, Cambodia

Fabulous Team
Salah satu games diluar kelas

Abis painting bersama

Suasana dikelas | telponan gratis via raspberry pi project

Naik MRT


Presentasi project
Suasana di kelas

Presentasi di Kantor Red Hat

Di depan gedung CISCO ASIA

Salah satu ruangan CISCO ASIA

Di Universal Studio Singapore
Di Arab Street, dekat Mesjid Sultan Singapura
Tantangan didanau Pulau Ubin, Singapura

Abis ujan-ujanan, di tantangan scavenger hunt

Bersama Bapak petinggi Temasek Foundation

Cultural Exhibition

Cultural Exhibition

Cultural Exhibition
 
Pemberian sertifikat

Dan masih banyak lagi fotonya hehe..

Yang pasti, kami berlima bangga membawa nama Indonesia khususnya Politeknik Caltex Riau dalam acara berskala Asia tersebut. Alhamdulillah :)

Untuk cerita detil pada minggu pertama kami disana, bisa dibaca di blognya ratih. Atau di blog teman-teman dari Polinema disini dan disini.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

1 komentar:

 
Top