Wah judulnya emang cetar membahana. hahaha.. Tapi jangan mikir terlalu jauh, gak sehebat itu kok :o Kebetulan di semester kemarin (semester 5) aku ada matakuliah Mobile Application Development (Android), dan project semester nya adalah membuat sebuah aplikasi android.


Jadi, iseng-iseng aku punya ide untuk membuat aplikasi yang memperkenalkan sekilas mengenai adat istiadat melayu Riau. Dan judul yang aku pilih adalah BBM Riau (Belajar Budaya Melayu Riau).


Berikut adalah screenshot dan penjelasan mengenai isi dalam aplikasi :




1. Tampilan Utama
Pada tampilan utama, terdapat gambar Kapal Lancang Kuning di sudut kiri bawah, dan ada button berbentuk awan yang menyajikan menu adat istiadat, tempat wisata, sekapur sirih, dan tebak gambar.




2. Tampilan Menu Adat Istiadat
Pada menu adat istiadat, terdapat 3 tab, yaitu sejarah, adat, dan gallery.






3. Tampilan Tempat Wisata






4. Tampilan Game Tebak Gambar
Ada yang unik dari aplikasi ini, yaitu adanya game tebak gambar untuk mengasah kemampuan menganalisa sekaligus untuk menguji wawasan user tentang Riau. Soal-soal pada game ini tidak akan melenceng dari tema, yaitu pasti membahas mengenai Riau.




Tertarik ? Silahkan download disini.

Aplikasi ini hanyalah untuk memenuhi project semester android saya, jadi sudah pasti aplikasi ini belum bisa dibilang "profesional", bahkan sangat banyak bug dan kekurangan disana sini yang belum saya tambal. Hahaha. Silahkan enjoy aplikasi sederhana ini.
Salam blogger :)

PS : Aplikasi ini tidak cocok dijalankan di tablet atau gadget android yang resolusinya diatas 6 inch. Akan sangat bagus jika di gadget 3.5 inch atau 4 inch. Hehehe maap :))

5 komentar:

  1. mas bisa minta source code tabak gambarnya?buat belajar,maasih :)

    BalasHapus
  2. boleh mnta source kodenya gan?

    Sulaiman13g@gmail.com

    BalasHapus
  3. Bisa buatkan aplikasi android gan? Untuk TA ane... kalo bisa kontak ane di 2892ed9d. Thanks gan... salam anak pku.

    BalasHapus
  4. kirain bbm apaan ternyata belajar budaya melayu ..

    BalasHapus

 
Top