Abis nonton film 'the social network' untuk yang ke sekian kali nya nih.. Soalnya, abis nonton itu biasanya semangat buat nge-web / nge-blog bakal balik lagi.. :D
ini foto pemeran film nya sebagai Mark, tp buka Mark asli


Kalian udah nonton belum? Kalau belum ni aku kasih tau inti ceritanya..

film ini mengisahkan awal perjalanan si Mark Zuckerberg membuat FACEBOOK..

Berawal dari Kencan
awalnya, Mark yang berstatus sebagai mahasiswa jurusan programmer [kalo gak salah] di Harvard University, sedang nge-date sama pacarnya di sebuah klub malam..

waktu nge-date itu, di liatin kalo seorang Mark itu agak autis kayaknya, bicara cepet banget, aku aja baca subtitle film nya sering ketinggalan, soalnya cepet amat ganti subtitle nya [nyesuain omongan mark yang kencang kayak dikejar guguk] -_-

gaya dia bicara ke pacar nya bukan kayak orang pacaran, tp kayak orang yang kepintaran, kagak nyambung sesekali, terus bahasa yang diambil kayak orang autis gitu saking pintarnya pemikiran dia..

udah ah bahas gaya ngomongnya.. pokoknya karena sang cewek kesal dengan omongan Mark yang sok kepintaran, gak nyambung, dan pedas, jadi cewek itu langsung mutusin Mark.. kalau dipikir-pikir, wajar aja tu cewek mutusin, wong bicaranya pedas, ya walaupun dia gak bermaksud pedas sih..

Membuat situs Facemash
Karena kesal dengan mantan pacarnya itu, dia lalu pulang ke asramanya di Harvard tsb.. dia lalu buka laptop, terus nge-blog deh.. ternyata dia seorang blogger loh.. haha..

saat blogging, dia menuangkan perasaanya ke blog, dia ejek lah sang mantan pacar di blog nya..
parah deh ejekannya dia, pedas euy..
terus, dia dapat ide untuk membuat situs yang membandingkan 2 orang cewek, jadi ntar ada foto cewek 2 orang, kita tinggal pilih yang seksi tu yang kanan atau kiri, simple sih, tapi cukup keren deh,

situs itu dia beri nama facemash, dengan algoritma perbandingan yang dia dapatkan dari teman nya [petinggi di harvard]..

yang lebih kerennya, foto cewek2 yang dia dapatkan itu hasil dari menjebol website nya universitas-universitas lain, diliatin disana dia menjebol apache, database, mysql, dll.. keren cuy, aku aja masih gagap makai mysql, hahaha..

gak disangka-sangka, situs itu langsung dikunjungi oleh mahasiswa-mahasiswa disana, bahkan traffic yang begitu padat mengakibatkan koneksi jaringan di Harvard menjadi lumpuh..
waw..
para petinggi harvard pun gak percaya dia melumpuhkan jaringan harvard hanya dengan bermodalkan laptop di kamar asramanya..
bahkan, tercatat bahwa situs facemash Mark itu mendapat hit 22000 dalam dua jam.. waw!!!!!

Mendapat ide membuat situs theFacebook
karena ulahnya yang gokil itu, dia dihukum oleh petinggi harvard, dan dia dibenci oleh seluruh wanita di sana.. hakhakhak.. makanya jangan kelewatan :p

karena ulahnya itu juga, dia masuk koran dan membuat beberapa orang programmer di harvard tertarik untuk merekrut nya membuat jejaring sosial..

awalnya, mereka berniat membuat situs harvard.edu yang menghubungkan koneksi antar mahasiswa harvard, lalu dia merekrut si Mark..

Mark pun menyetujuinya, namun rupanya dia malah sibuk sendiri, dan malah terfikir untuk membuat situs theFacebook..

lalu programmer yang merekrut si Mark itu menuduh Mark berkhianat dan mencuri ide mereka.. kagak tau deh ya itu bener atau gak.. soalnya Mark bersikeras bilang kalau dia gak bersalah.. -_-

Bertemu pembuat situs lain
Beberapa minggu setelah situsnya dibuat, dia sudah punya ribuan member loh.. Itu membuat seorang pembuat situs apa gitu aku lupa, jadi orang ini ingin menggunakan Mark sebagai sumber uangnya.. dia mulai membujuk Mark untuk mau membuat situs theFacebook nya itu lebih besar..

ya gitu deh..
lalu, berkat ide sang pembuat situs yang saya lupa namanya itu akhirnya theFacebook di ubah menjadi facebook yang kita kenal sekarang..

berkat kerja kerasnya, dia mendapat sponsor dan mendapat kucuran dana untuk memperluas jangkauan facebooknya itu, penghasilannya pun sangat sangat besar, ayok bilang 'waw' sambil koprol :3


ini Mark yang asli

pokoknya complicated lah masalah dalam pembuatan facebook ini,
tapi ambil segi positifnya,
dia masih berstatus mahasiswa saat membuat facebook,
dia masih sangat muda tapi lancar kali programming,
dia seorang pekerja keras,
dia seorang 'Billioneaire' muda...





jauh deh sama aku,
aku juga mahasiswa, tapi buat website biasa aja gagap,
belajar pake joomla aja  masih jatuh bangun,
apa yang bisa aku perbuat ya?
ckckck..

pokoknya menginspirasi lah filmnya.. hehehe
thanks udah baca sampai sini..
:)


2 komentar:

  1. keyeen.. tapi mia blm pernah nonton filmnya >_<

    BalasHapus
  2. haha.. kalau sempat abang kasih filmnya ya ;;)

    BalasHapus

 
Top