Assalamualaikum Sobat.. :)
Apa kabar nih???
Semoga sobat dalam keadaan baik.

Kali ini saya akan memposting artikel berisi pengalamanku di acara Helat Blogger Riau 2010 bersama komunitas blogger pekanbaru (bertuah.org). Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 Mei 2010 bertempat di Bandar Serai ( Jendral Sudirman). Acara yang diselenggarakan oleh Telkom ini bekerja sama dengan komunitas blogger pekanbaru (bertuah.org).

Awalnya, saya tidak tahu inti dari acara ini. Saya kira acara Helat Blogger ini merupakan acara design blog. Namun perkiraanku salah, ternyata acara Helat Blogger ini adalah acara sharing, tanya jawab, dan diskusi mengenai apa sesungguhnya yang dimaksud blog.

Tidak hanya itu, abang-abang dari bertuah.org ini juga menjelaskan mengenai etika dalam blogging, istilah-istilah yang biasa digunakan dalam dunia blogging,cara mendapatkan dollar dari blog, dan masih banyak lagi. 

Yang masih saya ingat adalah:

1.Etika dalam blogging :
- Dilarang copas (copy paste) artikel blog orang lain, apabila sobat masih

ingin copas, harap sertakan url yang punya blog sebagai sumber artikel.
- Dilarang menggunakan kata-kata yang tidak baik dalam postingan blog ataupun dalam mengomentari postingan blog orang lain.
- Apabila blog kita dikunjungi orang lain, semestinya kita juga mengunjungi balik blognya sebagai rasa apresiasi dan terima kasih kita atas kunjungannya.
- Kita bisa menambah teman dengan cara blogwalking atau jalan-jalan ke blog teman yang lain dan tidak lupa kita tinggalkan jejak (alias url blog kita) agar dikunjungi balik.

2. Menghasilkan dollar lewat blog
Mungkin beberapa di antara sobat sudah tahu bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog. Ada beberapa cara menghasilkan uang lewat blog, yaitu :
- Membuat blog kita sebagai toko online, yaitu dengan mempromosikan barang/jasa yang ingin kita jual lewat blog.

- Memasang google adsense. Namun, menurut pengalaman saya, memasang google adsense sangat susah karena salah satu syaratnya adalah isi blog kita harus full bahasa inggris. Saya pernah ajukan pendaftaran, namun di tolak karena masalah bahasa tadi. Semoga kedepannya sudah ada google adsense untuk bahasa Indonesia.
- Memasang iklan orang lain di blog kita. Cara seperti ini cukup simple, sama saja dengan google adsense namun bedanya bahasa blog kita boleh berbahasa Indonesia. Namun bayarannya lebih murah dibandingkan google adsense. Silahkan aja liat di Adsenseca
mp, kumpulblogger, dll.
 

Begitulah beberapa tips dari abang-abang bertuah.org dan beberapa tips dari saya sendiri. Semoga berguna ya sobat !!

Balik lagi ke judul, hehehe…




Saat kami para peserta Helat Blogger Riau ini sedang asyik berdiskusi, tiba-tiba berbunyi sirene polisi. Deg-deg… Ada apakah gerangan??
Oooo. Ternyata Pak Menkominfo datang mengunjungi para peserta Helat Blogger Riau 2010. (Senangnya bisa bertemu langsung dengan Pak Menteri…. ). Bapak Tifatul Sembiring datang dengan gagah dikalungi bunga dan di kawal oleh ajudannya. Pak Tif (panggilan akrab Pak Tifatul Sembiring) dengan senyum yang merekah langsung bergabung bersama kami.

Pak Tif juga ikut sharing, Bapak bangga dengan para Blogger Indonesia, apalagi bila mereka bisa memanfaatkan blog-nya untuk kampanye tentang kebersihan, kampanye tentang perlindungan satwa langka, serta banyak lagi,tutur Pak Tif.
 

Beliau ternyata seorang blogger lho, dan juga hoby nge-tweet. Kalau tidak salah account nya @tifsembiring, silahkan di add. Hehehe.

Beberapa menit kemudian, Pak Tif pamit kepada kami. Sebelum pamit beliau berkata, "Semoga Dengan berlangsungnya acara ini, kita dapat meningkatkan apresiasi kita akan pentingnya dunia blogging", tutur Beliau. Pak Tif pun pamit, padahal kami masih ingin sharing dengan bapak. Mungkin lain kali bila masih ada kesempatan. Hehehe.

Acara pun dilanjutkan lagi dengan sharing dan tanya jawab dengan abang fiko dan abang emo serta abang yang satu lagi (Maaf namanya lupa bang, ). Mereka juga bilang, "dalam blog kita itu tidak perlu terlalu banyak widget, itu hanya memperberat loading blog kita, karena yang dicari pengunjung itu isi blog bukannya widget,"katanya. Betul juga sih kata mereka, namun tidak salah juga kita berekspresi dengan style kita sendiri, karena selera orang kan berbeda-beda. Pokoknya asal jangan berlebihan sajalah. Betulkan sob?

Masih banyak lagi ilmu yang mereka berikan seputar blog kepada kami para peserta Helat Blogger Riau 2010. Acara ini memang sungguh bermanfaat, menarik, dan juga mengasyikkan. Karena sangat banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dengan sharing dan diskusi seperti acara ini.

Tidak lupa juga, sesuai dengan tema Pekan Informasi Nasional 2010 kali ini, para Blogger juga bisa memperkenalkan produk-produk Asli Indonesia kepada Dunia, karena “We Love Indonesian Product!”. Dengan memperkenalkan produk Indonesia kepada Dunia, maka tidak akan ada lagi punya Indonesia yang dicuri bangsa lain.
Walaupun hanya satu hari, namun ilmu yang saya dapatkan dari acara ini sangat banyak. Semoga acara Helat Blogger Riau 2010 ini bisa terlaksana lagi. Salut deh untuk Pekan Informasi Nasional 2010 !!!

Oh iya, artikel ini juga saya daftarkan untuk lomba menulis artikel yang merupakan salah satu acara dari Helat Blogger Riau 2010. Semoga isi artikelnya bermanfaat, dan semoga tips-tips tadi dapat dimanfaatkan oleh sobat semuanya.

Sekali lagi, terima kasih buat Pekan Informasi Nasional 2010, terima kasih buat Helat Blogger Riau 2010, terima kasih buat PT.Telkom , terima kasih buat Komunitas Blogger Bertuah (bertuah.org), dan terima kasih juga buat sobat semuanya. 

Wassalamualaikum…

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top